SMK 2 (SMEA) Al-HIKMAH 1

Jl. Masjid Jami' Benda Sirampog

Sekolah Berbasis Pesantren dan Ilmu Kejuruan

Ujian Al qur'an SMK 3 Al Hikmah benda

Senin, 01 Maret 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 236 Kali

Hari Ahad 28 Februari 2021 KH. Muslichan Noor, M.Pd Al Hafidz selaku Kepala Sekolah sekaligus Koordinator Pengajaran Al Qur'an di SMK 2 Al Hikmah 1 memimpin jalannya Test Pengajaran Al Qur'an yang telah dilakukan selama hampir satu tahun pelajaran.

Test ini dilakukan untuk menentukan kenaikan tingkatan/marhalah kemampuan mengaji Al Qur'an siswa-siswi SMK 2 Al Hikmah 1, apakah lulus naik ke tingkatan/marhalah yang lebih tinggi atau tetap berada di marhalah sebelumnya/mengulang pengajaran.

 

Sistem pengajaran Al-Qur'an yang sudah dilakukan di SMK 2 Al Hikmah 1 menggunakan sistem marhalah/tingkatan yang terdiri dari lima tingkatan atau tahapan dengan setiap tahapan memerlukan waktu selama maksimal satu tahun ajaran dan dengan materi yang berbeda untuk setiap tingkatan/tahapan, adapun lima marhalah/tingkatan yaitu: 

 

1. Tingkat Taḣsȋnul Qiro‟ah atau yang disebut dengan Tahsin dengan materi perbaikan bacaan juz ke-30 sesuai ilmu tajwid dan makhorijul huruf. 

 

2. Tingkat Ḣifẓu Al-Juz Aṡ-Ṡalāṡȋn atau disebut Bil-Ghoib (Menghafal Juz ke-30) dengan materi penghafalan juz ke-30/juz „amma. 

 

3. Tingkat Qiroatu Ṡalāṡȋn Juz`an atau yang disebut Bin-Naẓor dengan materi pembacaan secara tartil 30 Juz dengan disimak oleh guru/ustadz. 

 

4. Tingkat Halaqotul Qur‟an atau disebut dengan Halaqoh dengan materi pembacaan 30 juz dengan simak menyimak antara satu dengan lainnya. 

 

5. Tingkat Ta‟lȋmul Qur‟an dengan mengajari yang belum mengetahui baca tulis Al-Qur‟an dengan baik, khususnya pada tingkatan Taḣsȋnul Qiro‟ah sebagai materi utama pada tingkat ini. 

 

Faktor pendukung dalam pelaksanaan sistem ini adalah adanya tasyji‟/penyemangat sesuai tingkatan dan pengajaran dilakukan secara klasikal maupun non-klasikal.

 

Alhamdulillah dengan sekolah di SMK 2 Al Hikmah 1 siswa-siswi setiap hari kumpul dengan Kyai, setiap hari belajar mengaji Al Qur'an dengan para Hafidz/Hafidzoh ikhtiyar menjadikan putra-putri kita menjadi generasi yang ahli ilmu, ahli kebaikan dan ahli Qur'an.

 

Semoga kegiatan Test Pengajaran Al Qur'an ini menjadikan keberkahan sekolah, semoga inisiator Pengajaran Al Qur'an di SMEA yaitu KH. Muslichan Noor, M.Pd Al Hafidz senantiasa panjang umur dan sehat dzohir batin.

 

Aamiin ya Robbal'alaamiin ya mujibassailin ????

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

H. MUSLICHAN NOOR, S.Pd, M.Pd

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Wr. WbAlhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat ALLAH SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah…

Selengkapnya